Anak Menasehati Orang Tua? Ini 6 Tipsnya Biar Gak Durhaka

0

Anak menasehati orang tua, boleh ngga sih? Ini penjelasannya. Secara umum, orang tua emang punya kewajiban buat ngenasehatin anaknya karena mereka emang punya kewajiban buat ngelakuin itu biar anaknya bisa jadi anak yang baik dan sesuai ekspektasi mereka, umumnya sih kayak gitu. Tapi, boleh ngga sih kalau anak yang ngenasehatin orang tua? Terus gimana caranya ngenasehatin biar orang tua ngga marah dan ngga tersinggung?

6 Tips Menasehati Orang Tua

Sebenernya, menashati itu adalah sifat naluri manusia karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang peduli terhadap sesama dan punya kecenderungan buat saling menyayangi. Namun, terkadang selisih umur jadi masalah sehingga timbulah stigma di masyarakat bahwa yang lebih tua lah yang boleh menasehati, padahal menasehati itu adalah suatu tindakan untuk memberikan masukan dan kritikan yang ngebuat orang tersebut jadi pribadi yang lebih baik. Jadi, sebenernya semua orang punya kemungkinan untuk berbuat salah termasuk orang tua sehingga kita boleh menasehati mereka, tapi ada cara dan etika nya loh buat ngenasehatin orang tua biar mereka ngga tersinggung dan marah, akan aku jelasin dengan logika biar kamu bisa mencerna dengan mudah, Gimana caranya? Yuk langsung aja kita bahas.

6 Tips Menasehati Orang Tua.

1. Jangan Merendahkan Ego Orang Tua

Tips yang pertama, jangan merendahkan ego orang tua. Kenapa? Karena orang tua itu secara manusiawi punya ego yang tinggi banget sehingga mereka ngerasa kalau di nasehatin sama anaknya, itu bisa ngejatuhin ego mereka dan mereka secara naluri akan menolak semua nasehat dan niat baik kita. Terus, gimana sih caranya nasehatin orang tua biar maksud baik kita bisa tersampaikan dan sekaligus ngga ngerendahin ego mereka?


Caranya adalah buat pendapat atau tindakan mereka seolah-olah benar dan kasih mereka pujian juga agar ego mereka tetap terjaga, tapi ketika kamu ngelakuin itu masukin juga pendapat kamu diantara persetujuan dan pujian tersebut. Aku kasih contoh, semisal bapak kamu ngebandingin kamu sama orang lain dan kamu ngerasa bahwa hal itu salah dan kamu pengen bilang ke orang tua kamu, bilang aja ke orang tua kamu kayak: “Pak, mohon maaf, aku paham dengan maksud bapak dan aku tahu itu untuk kebaikanku (Setuju), terimakasih juga karena bapak sudah sayang dan selalu memperhatikan aku (Pujian), tapi aku ngerasa bahwa tindakan membandingkan itu kurang tepat karena menurut aku semua orang sudah punya jalan dan rejekinya masing-masing, jadi tolong jangan bandingin aku dengan orang lain lagi ya pak, aku lebih senang kalau bapak mendukung hal yang sedang aku lakuin, semua yang aku lakuin juga demi masa depan aku dan keluarga kita nanti kok pak jadi bapak jangan khawatir” (Masukan/Nasehat kamu). Intinya, tetap dengarkan omongan mereka dan nasehati mereka dengan sopan agar ego mereka tidak seperti direndahkan.

2. Etika Dan Cara Bicara

Tips yang kedua, perhatikan etika dan cara bicara. Ini menjadi faktor penting saat ngenasehatin orang tua, kenapa? Karena pada dasarnya kita harus menghormati orang tua bagaimanapun situasinya, maka dari itu memiliki etika yang baik serta tau gimana cara yang baik saat berbicara dengan orang tua akan membuat mereka mendengarkan apa yang ingin kita sampaikan.

Hal yang terpenting adalah jangan sampai membentak orang tua atau saling memotong pembicaraan, sampaikan nasehat kamu dengan sopan dan halus maka kemungkinan besar apa yang ingin kamu sampaikan akan di dengarkan oleh orang tua dan hubungan kamu dengan mereka tidak akan menjadi berantakan karena cara kamu menyampaikan nasehat sudah sesuai etika dan dengan cara bicara yang baik.

3. Perhatikan Situasi dan Kondisi

Tips yang ketiga, perhatikan situasi dan kondisi. Nah, ini menjadi faktor penting juga dalam menyampaikan nasehat kamu, kenapa? Karena orang tua tentu ngga mau dinasehatin oleh anaknya di tempat umum atau ketika kumpul keluarga dan situasi kurang tepat lainnya, maka dari itu penting untuk melihat situasi dan kondisi sebelum bertindak, meskipun maksud dan tujuan kamu itu baik tapi hal ini perlu di perhatikan.

Solusinya, carilah momen ketika kamu dan orang tua kamu sedang ada di situasi yang lebih private agar kamu dan orang tua kamu bisa berbicara lebih intim dan tanpa tendensi. Sadar situasi dan kondisi juga akan ngebuat kamu enak buat menyampaikan nasehat atau opini kamu, jadi ngga masalah kalau kamu menunda dulu buat ngeluarin opini kamu karena yang penting adalah kamu bisa menyampaikan nasehat kamu, orang tua juga ngga ngerasa di rendahin ego nya serta hubungan kamu dan mereka bakalan baik-baik aja

4. Ucapkan Maaf, Tolong, dan Terimakasih

Tips yang keempat, sebenernya udah aku singgung tadi di bagian tips pertama tentang mengucapkan kata maaf, tolong dan terimakasih. Hal ini juga ngga kalah penting, kenapa? Karena dengan mengucapkan kata tersebut orang tua kamu bakal ngerasa kalau tujuan kamu menasehati mereka itu bukan bermaksud untuk menyerang atau merendahkan mereka, tapi untuk membuat mereka menjadi manusia atau orang tua yang lebih baik lagi kedepannya, tentu maksud baik kamu akan mudah di pahami oleh orang tua jika kamu menyampaikannya dengan penuh perasaan dan cinta, jadi jangan lupa ucapin kata itu ya sebelum menasehati orang tua sama seperti contoh studi kasus di tips pertama.

5. Beri Sentuhan Lembut

Tips yang kelima, beri sentuhan lembut sesekali, hmm.. kenapa ini menjadi hal yang perlu diperhatiin juga? Mudahnya tuh gini, kalau kamu ngasih orang tua kamu sentuhan lembut seperti mengelus tangannya, memegang pundaknya dan lain sebagainya, itu akan ngasih sinyal bahwa kamu itu ngenasehatin mereka dengan penuh cinta dan kasih sayang serta ngga punya maksud untuk menyerang mereka secara verbal.

Sentuhan lembut akan ngebuat orang tua kamu lebih santai dan tenang ketika kamu menyampaikan hal baik untuk mereka, apapun maksud baik kamu kalau ngga di lakuin dengan penuh cinta dan kasih sayang tentu akan ngerusak maksud baik kamu, jadi bungkus maksud baik kamu dengan tindakan yang penuh cinta dan kasih sayang seperti tidak merendahkan ego mereka, punya etika dan cara berbicara yang baik, memperhatikan situasi dan kondisi, mengucapkan kata maaf, tolong dan terimakasih serta memberikan sentuhan lembut yang penuh dengan kasih sayang agar nasehat kamu bisa diterima oleh orang tua kamu dengan baik.

6. Ingatkan

Ini tips yang terakhir yaitu ingatkan. Terkadang apa yang kita sampaikan ngga sepenuhnya diserap oleh orang tua kita karena emang sulit gitu untuk ngerubah perspektif orang tua meskipun kita udah pernah menasehati mereka, jadi mungkin cara mengingatkan ini bisa menjadi faktor tambahan dalam merubah pola fikir orang tua kita menjadi lebih baik.

Tentu, cara untuk mengingatkan itu ada etikanya juga ngga boleh sembarangan ngomong biar orang tua kamu ngga tersinggung, caranya gampang banget kamu cukup ngelakuin tips 1 sampai 5 dengan lebih ringkas, semisal bapak kamu tetap ngebandingin kamu sama orang lain kayak contoh di tips pertama, kamu cukup ngomong kayak: “Pak, mohon maaf sepertinya tempo hari aku udah pernah ngomong ke bapak soal ini, tolong bapak jangan khawatir, aku bakalan berusaha lebih baik lagi kok, bapak tenang aja aku bakalan lebih seneng kalau bapak mendukung hal yang sedang aku lakuin seperti omonganku tempo hari” Gampang banget kan? Yuk mulai di coba.

Singkatnya, semua orang boleh dineasehatin karena tujuan menasehati itu baik dan ada manfaatnya tapi ada cara dan etikanya juga terlebih kalau yang dinasehatin itu adalah orang yang lebih tua, jadi perhatikan cara menyampaikannya agar maksud baik kamu bisa diterima oleh mereka dengan baik juga. Gimana pendapat kamu, apakah kamu setuju dengan pemikiran aku? Atau kamu punya opini sendiri? Tulis opini kamu di kolom komentar yaa, ayo kita berdiskusi dan saling bertukar opini.

Next, di Lebihbebas.com akan ngebahas tentang Boleh ngga sih anak mendebat orang tua, menarik? Mari kita bahas di artikel selanjutnya, share ke media sosial dan temen-temen kamu juga ya agar mereka bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat seperti yang udah kita pelajari bersama. Ayo jadi generasi yang lebih bebas beropini di lebihbebas.com, terimakasih.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top